Ads

Minggu, 25 September 2011

teknologi nirkabel dan inframerah yang di gunakan pada semua orang


Perangkat nirkabel memberikan orang kebebasan untuk bekerja, belajar, bermain, dan berkomunikasi di mana pun mereka inginkan. Orang yang menggunakan perangkat berkemampuan nirkabel tidak perlu terikat ke lokasi fisik untuk mengirim dan menerima suara, video, dan komunikasi data. Akibatnya, fasilitas nirkabel, seperti kafe Internet, membuka di banyak negara. Kampus menggunakan jaringan nirkabel untuk memungkinkan siswa untuk mendaftar untuk kelas, menonton ceramah, dan menyerahkan tugas di daerah di mana koneksi fisik ke jaringan yang tersedia. Kecenderungan ke arah komunikasi nirkabel akan terus tumbuh karena lebih banyak orang menggunakan perangkat nirkabel.
Bluetooth adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi jarak pendek. Sebuah perangkat Bluetooth dapat menghubungkan hingga tujuh perangkat Bluetooth lain untuk menciptakan Area Network Nirkabel Pribadi (WPAN). Ini spesifikasi teknis dijelaskan oleh Institute of Electrical dan Electronics Engineers (IEEE) standar 802.15.1. Perangkat Bluetooth mampu menangani suara, musik, video, dan data dan secara ideal cocok untuk menghubungkan perangkat berikut:

    
* Laptop
    
* Printer
    
* Kamera
    
* PDA
    
* Ponsel
    
* Hands-free headset
Jarak dari Jaringan Bluetooth Personal Area (PAN) dibatasi oleh jumlah daya yang digunakan oleh perangkat di PAN. Perangkat Bluetooth dibagi menjadi tiga klasifikasi seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2. Jaringan Bluetooth yang paling umum adalah Kelas 2, yang memiliki jangkauan sekitar 33 kaki (10 m).Perangkat Bluetooth beroperasi dalam kisaran 2,4-2,485 GHz frekuensi radio, yang di band, Industrial Scientific, and Medical (ISM). Band ini sering tidak memerlukan lisensi jika perlengkapan yang telah disetujui digunakan. Standar Bluetooth Adaptive Frequency Hopping menggabungkan (AFH). AFH memungkinkan sinyal untuk "hop" sekitar menggunakan frekuensi yang berbeda dalam rentang Bluetooth, sehingga mengurangi kemungkinan gangguan ketika beberapa perangkat Bluetooth yang hadir. AFH juga memungkinkan perangkat untuk belajar frekuensi yang sudah digunakan dan untuk memilih subset yang berbeda dari frekuensi hopping.Langkah-langkah keamanan yang disertakan dalam standar Bluetooth. Pertama kali menghubungkan perangkat Bluetooth, perangkat ini dikonfirmasi menggunakan Personal Identification Number (PIN). Bluetooth mendukung enkripsi 128-bit dan otentikasi PIN.
 Inframerah (IR) teknologi nirkabel adalah daya rendah, jarak pendek teknologi nirkabel. IR mentransmisikan data menggunakan LED dan menerima data menggunakan dioda.IR jaringan nirkabel tidak diatur secara global. Namun, Inframerah Data Asosiasi (IrDA) mendefinisikan spesifikasi untuk komunikasi nirkabel inframerah. Lihat Gambar 1 untuk karakteristik IR umum.Ada empat jenis jaringan IR:

    
* Jalur dari pandangan - Sinyal ditransmisikan hanya jika ada pandangan, yang jelas terhalang antara perangkat.
    
* Sebar - Sinyal memantul langit-langit dan dinding.
    
* Reflektif - sinyal dikirim ke sebuah transceiver optik dan diarahkan ke perangkat penerima.
    
* Broadband optik telepoint - transmisi dapat menangani berkualitas tinggi kebutuhan multimedia.

0 komentar: