Ads

Minggu, 25 September 2011

Menginstal, mengkonfigurasi, dan mengoptimalkan sistem operasi



Membuat, menampilkan, dan mengelola disk, direktori, dan file  
Dalam sistem operasi, disk dan direktori adalah lokasi di mana data disimpan dan terorganisir. Sistem file yang digunakan oleh sistem operasi menentukan faktor-faktor tambahan yang mempengaruhi penyimpanan seperti ukuran partisi, ukuran cluster, dan fitur keamanan.
Struktur Disk Sebuah hard disk dibagi menjadi daerah khusus yang disebut partisi. Partisi diformat sehingga mereka dapat menyimpan informasi. Utilitas Manajemen Disk menampilkan informasi dan melakukan layanan seperti partisi dan format disk pada Windows. Gambar 1 menunjukkan utilitas Manajemen Disk digunakan pada Windows XP.
Ada beberapa jenis partisi pada hard drive:

    
* Partisi Primer - ini biasanya partisi pertama. Sebuah partisi primer tidak dapat dibagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil. Ada bisa sampai empat partisi per drive.
    
* Aktif partisi - partisi ini digunakan oleh sistem operasi untuk boot komputer. Hanya satu partisi primer dapat ditandai aktif.
    
* Perluasan partisi - partisi ini biasanya menggunakan ruang bebas yang tersisa pada hard drive atau mengambil tempat dari partisi primer. Hanya ada satu partisi extended per hard drive, dan dapat dibagi menjadi bagian-bagian kecil yang disebut drive logis.
Dalam kebanyakan kasus, drive C: adalah partisi aktif dan file boot berisi dan sistem. Beberapa pengguna membuat partisi tambahan untuk mengatur file atau untuk dapat dual-boot komputer.
Ada beberapa cara untuk mengakses utilitas Manajemen Disk pada Windows XP:

    
* Pilih Start> klik kanan My Computer> Manage.
    
* Pilih Disk Management.
    
* Pilih Start> Settings> Control Panel> Administrative Tools> Computer Management.
    
* Pilih Disk Management.
Ada beberapa cara untuk mengakses utilitas Manajemen Disk di Windows Vista:

    
* Pilih Start> klik kanan My Computer> Manage.
    
* Pilih Disk Management.
    
* Pilih Start> Settings> Control Panel> Administrative Tools> Computer Management> Lanjutkan.
    
* Pilih Disk Management.
Pada Windows, huruf digunakan untuk nama drive. Sebuah komputer Windows dapat memiliki hingga 26 drive fisik dan logis karena ada 26 huruf dalam abjad Inggris. Drive A dan B dicadangkan untuk drive floppy disk, dan drive C dicadangkan untuk partisi, utama aktif. Oleh karena itu, jumlah maksimum drive tambahan adalah 23.

0 komentar: