Ads

Rabu, 04 Januari 2012

City Perkasa di Puncak Klasemen priemier league

MANCHESTER - Sempat menelan hasil negatif dari tangan Sunderland, Manchester City kembali melanjutkan trend positifnya. Menjamu Liverpool, The Citizen sukses menggulung tamunya dengan skor meyakinkan 3-0.

Gol kilat Sergio Aguero di awal babak pertama, melecut Yaya Toure untuk menambah keunggulan City melalui tandukannya. Satu gol tambahan City dilesakkan James Milner melalui titik putih di pertengan babak kedua. Sayang, dari sekian banyak peluang yang tercipta, Liverpool gagal mengkonversikannya menjadi gol. 

Dengan kemenangan ini, City semakin memperlebar jarak poin dengan rival terdekatnya, United, menjadi tiga angka. City kini mengumpulkan 48 poin. Hasil ini semakin mengukuhkan posisi City di puncak klasemen. 

Sementara, kekalahan ini membuat The Reds harus puas berada di strip ke-6 dengan torehan 34 angka. Sangat disayangkan, hasil yang didapat Liverpool di tengah pekan ini karena di partai sebelumnya, tim asuhan Kenny Dalglish itu berhasil menekuk Newcastle United dengan skor 3-1.

BABAK PERTAMA
Manchester City yang bernafsu memperlebar jarak dengan Manchester United, tidak menemui kesulitan untuk membuka keunggulan lebih dulu saat menjamu Liverpool di Etihad Stadium.

Kelengahan Pepe Reina mengantisipasi sepakan Sergio Aguero memaksimalkan umpan terukur David Silva, membuat striker asal Argentina itu sukses mengoyak jala Liverpool, 10 menit laga baru berlangsung. Sontak, seisi stadion bergemuruh menyambut gol pertama The Citizen.

Tertinggal satu gol, Liverpool yang tengah berada dalam performa terbaiknya, ganti menekan. Tendangan spekulasi beberapa kali dilepaskan punggawa Liverpool untuk menyeimbangkan kedudukan. Rotasi pemain yang dilakukan Roberto Mancini terbukti ampuh membawa City tampil cemerlang.

City yang ingin menambah keunggulan pun terus melancarkan tekanan. Hasilnya, di menit 32, Yaya Toure berhasil menambah rekening gol City melalui tandukannya mengoptimalkan sepak pojok Silva.

Tidak dapat dipungkiri, Silva menjadi tokoh sentral City dalam pertandingan ini. Tingginya mobilitas mantan pemain Valencia itu dijantung pertahanan merepotkan lini belakang Liverpool yang dijaga Daniel Agger dkk.

Tidak mau terus ditekan, Andy Carroll sempat mendapat peluang. Sayang, akurasi sepakannya yang lemah membuat bola bergulir hanya di samping mistar Joe Hart. Hingga penghujung laga,skor 2-0 masih untuk keunggulan City.

BABAK KEDUA
Interval kedua, City yang memiliki modal kuat memimpin 2-0 tidak ingin tampil konstan. Bermain didepan publiknya sendiri, tim Eastlands itu tidak hentinya mengendurkan serangan.

Kendati tampil menyerang, tempo pertandingan mulai menurun. Liverpool yang berada di bawah tekanan hebat, coba mengejar ketertinggalan bermain lebih efektif. Untuk menambah kreativitas, Kenny Dalglish mempersiapkan Steven Gerrard.

Sadar kekuatan Liverpool mulai meningkat sejak masuknya Gerrard, City memilih bermain aman, lebih ke dalam. Memastikan, agar tidak ada lubang yang bisa dimanfaatkan Gerrard untuk mengirim umpan atau menembak langsung ke gawang.

Di kubu City, sama seperti di babak pertama, kolaborasi antara Silva dan Toure mengalirkan bola ke depan memanjakan Aguero dan Edin Dzeko untuk menghadirkan ancaman serius di lini belakang Liverpool.

Permainan semakin terbuka di pertengahan babak kedua. Bencana buat City yang harus bermain dengan 10 orang setelah Garreth Barry di usir keluar wasit karena melanggar Agger.

Kendati unggul jumlah pemain, City berhasil memperlebar jarak dengan Liverpool. Pelanggaran Martin Skrtel terhadap Yaya Toure di kotak terlarang membuat wasit langsung menunjuk titik putih. James Milner yang ditunjuk sebagai eksekutor menjalankan tugasnya tanpa cela. 3-0, City kian jauh meninggalkan Liverpool

Hingga peluit panjang dibunyikan, The Anfield Gank tidak mampu memperkecil kedudukan.  Padahal, dari catatan statistik pertandingan memperlihatkan, Liverpool unggul penguasaan bola sebanyak 64% sedangkan City hanya 36%. Liverpool pun melepaskan 16 kali tembakan ke arah gawang. Adapun City 11 kali melakukan percobaan.

SUSUNAN PEMAIN

MANCHESTER CITY:
25-J. Hart, 28-K. Toure, 4-V. Kompany, 2-M. Richards, 22-G. Clichy, 18-G. Barry, 7-J. Milner, 21-David Silva (6-J.Lescott’76), 42-Y. Toure, 16-S. Aguero (11-A. Johnson’72), 10-E. Dzeko

LIVERPOOL:
 25-Pepe Reina, 2-G. Johnson, 5-D. Agger, 37-M. Skrtel, 3-Jose Enrique, 19-S. Downing, 26-C. Adam (8S.Gerrard’57), 20-J. Spearing (11-M. Rodriguez’76), 14-J. Henderson, 18-D. Kuyt (39-C. Bellamy’57), 9-A. Carroll

0 komentar: