Ads

Minggu, 03 Juli 2011

Nvidia Tegra 4 Terbaru dengan 8 Pengolahan Core & DirectX 11

Walaupun masih ada sedikit waktu yang tersisa sampai perangkat pertama yang didukung Nvidia Kal-El masuk ke pasaran, perusahaan yang berbasis di Santa Clara tersebut tampaknya telah mengungkapkan beberapa spesifikasi dari generasi keempat Tegra SoC yang akan dirilis berdasarkan codename “Wayne”.
Publikasi yang berhembus dari situs pemberitaan Bright Side ini, mengungkapkan spesifikasi tersebut yang berasal dari salah satu sumber terdekat Nvidia yang enggan untuk diungkapkan identitasnya. Berdasarkan pengungkapan tersebut, ternyata dapat diketahui kalau pembuat kartu grafis NVidia ingin membangun dua versi terpisah dari Wayne dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan dari berbagai perangkat termasuk smartphone, tablet, netbook dan notebook.
Versi pertama adalah desain quad-core, yang berbasis pada arsitektur ARM yang belum diketahui (atau kemungkinan Cortex-A15) yang akan mencakup setidaknya 24-core GPU yang menyerupai grafis arsitektur kontemporer.
Untuk empat core ARM, Nvidia menargetkan kecepatan clock 1.5GHz, yang akan menghasilkan kinerja GFLOPS tiga digit, dan juga mampu menjaga konsumsi daya per core kekuatan dari Kal-El SoC tersebut.
Wayne silikon kedua kabarnya jauh lebih kuat daripada versi yang pertamanya, karena mengemas tidak kurang dari 8 pemrosesan core ARM dan 32 hingga 64 core GPU yang kompatibel dengan DirectX 11+ dan juga mendukung OpenGL 4.x dan OpenCL 1.x serta PhysX. Chip ini dirancang untuk mengungguli processor yang berbasis ARM dan x86, yang akan diadopsi oleh perangkat tablet, netbook dan notebook ultra-low power sampai dengan notebook 13,3 inci.
Sementara itu, Nvidia juga telah berencana untuk merilis SoC (system-on-a-chip) generasi berikutnya pada waktu yang sama dengan sistem operasi Windows 8. Dengan demikian, keberadaan Wayne sendiri berarti bakal dirilis sekitar bulan Oktober 2012 yang akan datang. Dan pihak Nvidia sendiri kabarnya baru  akan mulai mengirim prototipe silikon untuk produsen dan pengembang perangkat lunak pada bulan Desember 2011.

0 komentar: