Ads

Minggu, 03 Juli 2011

Dukungan Wireless Display Terhadap Netbook Intel Cedar Trail

Direncanakan bakal hadir di kuartal ketiga (Q3) tahun ini, platform Intel Cedar Trail-M yang diperuntukkan bagi perangkat netbook kabarnya bakal mendapatkan asupan dukungan teknologi Wireless Display.
Teknologi yang pernah dipamerkan selama ajang Computex 2011 yang lalu, kabarnya memiliki kualitas fitur yang lebih baik dibanding versi WiDi yang telah didukung notebook yang hanya mampu menampilkan resolusi yang terbatas.
Berdasarkan bocoran slide dari Intel, telah terungkap kalau processor Intel Atom N2600 dan Intel Cedar Trail N2800 akan mendukung “resolusi yang dinamis hingga 600p”.
Dan sewaktu ajang Computex, perwakilan Intel juga pernah mengutarakan beberapa publikasi berkaitan dengan hasil tampilan video 720p menggunakan versi WiDi pada netbook. Namun mengingat resolusi yang terbatas, tentunya hal tersebut tampaknya tidak akan bisa diharapkan lagi.
Bahkan jika Intel memiliki trik jitu sekalipun, rasanya entah bagaimana mungkin dapat menampilkan video streaming nirkabel 720p pada platform Cedar Trail mendatang. Keberhasilan teknologi ini pada jajaran produk netbook tampaknya masih belum pasti dan perlu dibuktikan lebih lanjut.
Masalah utama yang dihadapi oleh Wireless Display adalah karenaharus dipasangkan bersama dengan penerima (receiver) yang kompatibel seharga 99,99 USD atau sekitar 860 ribu rupiah, yang notabene harga ini tentunya sedikit lebih mahal mengingat harga yang sudah cukup rendah dari sebuah komputer netbook.

Cedar Trail adalah sebuah codename yang digunakan untuk generasi chip Intel Atom berikutnya, yang akan dibangun menggunakan node manufaktur 32nm dan akan menggunakan arsitektur unified yang mengemas pengolahan Core dan GPU secara bersamaan.
Tidak seperti CPU Atom yang ada saat ini, grafis core didasarkan pada desain PowerVR dan termasuk dukungan untuk DirectX 10.1 serta kemampuan decoding hardware untuk konten HD, yang meliputi MPEG2, VC1, AVC, H.264 dan Blu-ray 2.0.
Jajaran produk Trail Cedar ini akan terdiri dari empat model CPU yaitu dua untuk komputer netbook dan dua untuk penggunaan desktop. Dan dari kabar terakhir yang berhembus, keempat model CPU terbaru tersebut akan segera tersedia sekitar bulan September yang akan datang.

0 komentar: